-->
Tips

Boyolali - Vanilabluebewy - Jangan Takut Makan Ikan Lele ! Ini Kandungan Gizinya


ada hoax ihwal ikan lele yang jikalau dimakan akan mengakibatkan kangker. itu saya katakan tidak benar. sebab lele yang dirawat pada lingkungan yang higienis maka lele tersebut layak konsumsi.

namun jikalau lele hidup di lingkungan yang terkontaminasi menyerupai pembuangan kotoran manusia, di got dll maka lele tersebut tergolong berbahaya bagi manusia.

di hadist ibnu majah malah menghikumi kharam jikalau ikan yang dikasih makan tai insan pribadi dimasak terus dimakan. maka harusnya ikan menyerupai itu di sterilkan di kolam yang higienis selama 1-2 ahad gres sanggup di konsumsi.

jadi jangan khawatir memakan ikan lele sebab banyak kandungan gizinya.

Kandungan yang dimiliki ikan lele setiap 100 gram nya antara lain:
  • Energi 145 kalori.
  • Protein 15,45 gram.
  • Lemak 9,09 gram.
  • Natrium 65 miligram.
  • Kolesterol 82 miligram.
  • Asam lemak jenuh 2730 gram.
  • Kalori 217 
  • Karbohidrat: 0.0g, 
  • Total Fat: 11.5g, 
  • Fiber: 0.0g, 
  • Excellent sumber Selenium (20.7mcg) 
  • Vitamin B12 (4mcg). 
  • Sumber yang baik Kalium (459mg)
  • Niacin (3.6mg).
Kalori berfungsi untuk dibakar sehingga menjadi energi, dan energi dipakai untuk metabolisme badan dan menjalankan organ fital menyerupai jantung, paru-paru dll supaya berfungi dengan baik. pada dasarnya jikalau kau ingin bergerak maka anda butuh energi dan energi itu dari kalori. sedikit pesan sesuaikan jumlah kalori yang anda makan dengan aktifitasmu jikalau anda tidak mau obesitas.

Protein berfungsi untuk perkembangan badan kita dan memperbaiki sel sel yang rusak pada badan kita, menyerupai halnya jikalau kulitmu terluka maka yg membantu memperbaiki yaitu protein

Karbohidrat sumber energi utama bagi tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, lele mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi.dalam 500 gram lele dumbo (kira-kira terdiri dari 4 ekor)mengandung 12 gram protein,energi 149 kalori,lemak 8,4 gram dan karbohidrat 6,4 gram.

Makanan yang merupakan “sumber yang sangat baik” dari nutrisi tertentu menyediakan 20% atau lebih dari nilai harian yang dianjurkan, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) . Ketika dimasak (panas kering), lele liar memperlihatkan 0,333 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.1g), DHA (0.137g), dan ALA (0.096g), per 100 gram ikan lele liar. ini alasan mengapa lele kali atau lele liar sangat baik sekali.

Ketika dimasak (panas kering), lele budidaya memperlihatkan 0,259 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.049g), DHA (0,128), dan ALA (0.082g), per 100 gram ikan lele budidaya.

Berdasarkan kajian ilmiah ikan lele mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yaitu sekitar 17%,tak hanya itu ikan ini juga mempunyai banyak sekali macam asam lemak,esensial yang sanggup mencukupi kabutuhan akan asam lemak harian kita sekitar 9%.

Namun batasi konsumsi ikan ini,karena kandungan kolesterolnya juga tidak mengecewakan tinggi.1 hari 2 ekor sudah cukup memperlihatkan banyak manfaat.

Keunggulan ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya yaitu kaya akan Leusin dan Lisin.
Leusin (C6H13NO2) merupakan asam amino esensial yang sangat diharapkan untuk pertumbuhan belum dewasa dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berkhasiat untuk perombakan dan pembentukan protein otot Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan.
Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pasalnya, asam amino ini sangat berkhasiat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu perembesan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa badan anak supaya tidak terlalu berlemak.
Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan.
Tak kalah pentingnya, lisin sanggup melindungi anak dari cold sore dan virus herpes Lele merupakan sumber asam lemak omega 3, yaitu asam lemak dengan ikatan rangkap pada posisi karbon nomor 3 dari gugus metil atau disebut karbon posisi omega.

Asam lemak ini merupakan precursor dari thrombaxiane A3 dan prostaglandin I3, zat yang sangat efektif untuk ganti agregasi keping-keping darah. Pencegahan agregasi keping-keping darah sanggup mengurangi risiko menderita penyakit jantung.

Dari penelitian yang dilakukan secara berkelanjutan, para peneliti menemukan pula manfaat lain dari asam lemak omega 3, yaitu menurunkan tekanan darah; membantu merawat kesehatan kulit, terutama dari ekzema dan dermatitis; serta berperan dalam pembentukan cerebral cortese otak.

Ini sangat berkhasiat sekali bagi anda yang sering beraktivitas olahraga berat, atau aktivitas-aktivitas yang membutuhkan energi serta reflek yang tinggi. Kekurangan asam lemak omega 3 pada binatang percobaan memperlihatkan rendahnya penglihatan atau kecerdasan.

Meski belum sanggup memilih jumlah omega 3 yang diharapkan untuk mengatur jantung supaya sehat secara efektif, para andal menganjurkan 20-25% asam lemak esensial yang dikonsumsi berupa asam lemak omega 3.

Untuk memenuhinya, mereka mengingatkan untuk tidak memakai pelengkap minyak ikan secara rutin.

Bahayanya antara lain, overdosis vitamin A dan vitamin D yang sanggup mengakibatkan keracunan dan juga perdarahan. Atas dasar diatas maka perlu adanya budidaya lele untuk mendukung kebutuhan materi pangan pokok yang mempunyai gizi dan manfaat tinggi bagi konsumen.

Selain itu ikan lele memili harga yang tidak mahal, sehingga seluruh kalangan masyarakat sanggup mengonsumsi ikan lele.

Artikel ini sayakutib dari beberapa website luar negeri. seperti: www.livestrong.com, www.nutritionix.com, www.nutritionvalue.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel